Running Test Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2016

img_0249

SNC NEWS – Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional ( KKCTBN) merupakan ajang kontes robot kapal yang diselenggarakan oleh Kemenristek Dikti. Tahun ini Politeknik Negeri Surabaya menjadi tuan rumah dari ajang tersebut. KKCTBN dilaksanakan setiap tahunnya yang diikuti oleh beberapa universitas ternama di Indonesia. KKCTBN berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 29 november hingga 1 Desember. Tepat tanggal 29 November 2016 diadakan trial untuk setiap kategori. Terdapat 3 kategori dalam Kontes Kapal Tak Berawak, yakni Autonomous Surface Vehicle (ASV), Electric Remote Control (ERC) serta Fuel Engine Remote Control (FERC).

Trial KKCTBN berlangsung di danau SIER Rungkut Industri. Untuk setiap kategorinya, kapal diberikan waktu 10 menit. Trial KKCBTN diikuti oleh 18 Universitas dengan 32 tim dengan rincian 11 tim kategori ASV, 11 tim ERC, 10 tim FERC. Dalam trial kali ini, setiap tim berkesempatan untuk mempersiapkan kondisi kapal agar maksimal saat berlangsungnya kontes pada hari Rabu, 30 November 2016.

Trial KKCBTN menerapkan sistem registrasi-trial. Apabila para peserta sudah siap untuk menguji ulang kapalnya, maka segera registrasi dan langsung diuji. Trial ini berlangsung sampai jam 15.30 WIB. Jika melewati batas waktu yang ditentukan, maka dianggap tidak mengikuti Trial hari ini. Trial KKCTBN berjalan dengan lancar sesuai harapan. Walaupun kondisi cuaca sempat mendung, namun tidak menyurutkan semangat para peserta.

img_0266

img_0128

img_0260